catering semarang, catering di semarang

CATERING SEMARANG

Catering, catering semarang, catering di semarang, catering semarang murah, catering halal, catering halal semarang, nasi boks, nasi boks semarang, nasi box, nasi box semarang, nasi kotak, nasi kotak semarang, nasi box halal, nasi boks halal, nasi kotak halal, prasmanan halal, prasmanan semarang, catering perusahaan, catering kantor, catering industry, menu catering, aqiqah, akekah, katering, katering di semarang, katering semarang, alamat katering di semarang, daftar catering di semarang, daftar harga catering di semarang.

# 1

GULAI BUSTAMAN

Gule Bustaman

Gulai Bustaman

GULAI BUSTAMAN

Gulai  Bustaman adalah masakan berbahan baku kepala kambing ditambah racikan bumbu rempah-rempah dengan perpaduan kaldu yang menciptakan cita rasa gurih untuk kuahnya. Namun yang menjadi khas,  tak semua bagian daging kambing cocok dijadikan sebagai bahan baku. Hanya bagian-bagian kepala seperti lidah, telinga,dan bagian-bagian lainnya yang dimasak.

Gulai Bustaman biasanya disajikan dengan dua cara yaitu kuah langsung disajikan bersama daging kambing atau dipisah. Untuk pendampingnya biasa disediakan lalapan atau sayuran seperti tomat dan daul kol untuk mengimbangi kadar lemak tinggi yang ada dalam gulai.

 Cita rasa racikan rempah pada kuah gulai bustaman adalah yang membedakan dengan masakan-masakan lainnya. Gulai Bustaman memiliki ciri khas tersendiri yaitu biasanya disajikan dalam selera pedas. Cita rasa sepeti itu bisa Anda nikmati dari sajian gulai Bustaman ada di beberapa tempat di Semarang. Salah satunya bisa Anda jumpai di kawasan Kota Lama, Semarang yang biasa buka dari jam 10.00-20.00 WIB.

Sepiring gulai dari warung makan Gulai Bustaman punya ciri khas tersendiri. Kuahnya yang pedas berasal dari racikan rempah-rempah khas daerah Timur Tengah seperti kapulaga dan adas yang diperkaya oleh bawang putih, kemiri, serai, bawang merah, gula jawa, dan daun karakele. Rasa gurih yang ada dalam gulai Bustaman berasal dari taburan bubuk kelapa. Rasanya makin nikmat jika kuah tersebut dituangkan pada daging kambing yang sudah dipotong kecil-kecil yang ada di atas piring. Untuk menikmatinya ada bisa merogoh kocek sebesar Rp 20.000 per porsi.

Ciri khas pedas yang ada di gulai Bustaman menjadi ciri khas daerah asalnya yaitu di Kampung Pekojan, Semarang yang kental dengan nuansa Timur Tengah dalam keseharian maupun masakan. Nama Gulai Bustaman berasal dari nama Kampung Bustaman di kawasan Jl MT Haryono Semarang yang merupakan pemasok daging kambing yang digunakan sebagai bahan dasar gulai yang sudah ada sejak zaman kolonial. Maka lahirlah istilah Gulai Bustaman di beberapa tempat di Semarang.

 Banyak tempat pedagang gulai yang menamai warung mereka dengan nama Gulai Bustaman karena tidak ada aturan nama itu adalah hak cipta milik satu orang saja. Bahkan banyak para pedagang sate, gulai, ataupun olahan kambing lainnya yang datang dari berbagai daerah membeli pasokan daging sebagai bahan baku masakan di Bustaman.

 Warung Gulai Busataman saat ini sudah menjadi bagian dari kuliner semarang, yang bisa ditemui di depan Gereja Blenduk Kota Lama Semarang, juga bisa dijumpai di depan Kantor Pos BNI Bubakan, di samping Kantor Dipenda dan Kantor Pos Besar Kota Lama Semarang. Tak hanya itu, Gulai Bustaman juga ada di Jl MT Haryono, Pasar Kartini, dan Pasar Langgar.

Incoming search terms:

  • resep gule bustaman
  • resep gulai kambing bustaman
  • aqiqah bustaman

Leave a Reply

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin