catering semarang, catering di semarang

CATERING SEMARANG

Catering, catering semarang, catering di semarang, catering semarang murah, catering halal, catering halal semarang, nasi boks, nasi boks semarang, nasi box, nasi box semarang, nasi kotak, nasi kotak semarang, nasi box halal, nasi boks halal, nasi kotak halal, prasmanan halal, prasmanan semarang, catering perusahaan, catering kantor, catering industry, menu catering, aqiqah, akekah, katering, katering di semarang, katering semarang, alamat katering di semarang, daftar catering di semarang, daftar harga catering di semarang.

# 1

KACANG GRIS

Kacang Gris

KACANG GRIS

Kacang gris merupakan nama lain dari kacang sangan yang dapat ditemui di kawasan Jl Pemuda Semarang. Nama kacang gris sendiri adalah nama pemberian dari warga Semarang. Sejarahnya dulu banyak lapak kaki lima yang menjual penganan satu ini sebagai camilan bagi pengunjung Gedung Bioskop Gris -yang kini gedung itu sudah dirubuhkan dan digantikan dengan pusat perbelanjaan. Namun nama kacang gris sudah membumi dan menjadi brand dari kacang sangan yang dijajakan hingga saat ini.

Kacang gris seperti nama aslinya merupakan penganan berbahan dasar kacang tanah yang sudah dikupas kemudian diolah dengan beberapa tahapan kemudian digoreng dengan cara disangan atau digoreng tanpa menggunakan minyak. Pengolahan kacang gris ada beberapa tahapan yang harus diperhatikan agar kacang yang dihasilkan terasa gurih. Tahap pertama sebelum disangan, kacang yang sudah dikupas dari kulitnya kemudian dibersihkan lebih dulu lalu direndam di bak air hingga cangkang kacang bersih. Tahap selanjutnya, kacang yang sudah bersih kemudian direndam dengan air garam selama 12 jam.

Setelah proses pembersihan dan perendaman, kemudian kacang ditiriskan agar airnya berkurang hingga benar-benar kering. Setelah kering, kacang kemudian digoreng sangan dengan menggunakan pasir. Dengan proses yang masih tradisional ini cita rasa kacang gris banyak dicari wisatawan sebagai oleh-oleh.

Walaupun gedung bioskop yang dijadikan tempat berjualan para pedagang sudah tidak aktif dan sudah digantikan dengan bangunan baru, masih ada diantara mereka yang masih setia berjualan. Salah satunya adalah Juned yang kini berjualan tepat di depan seberang jalan Mal Paragon Semarang. ‘’Kacang gris masih diminati karena gurih dan bisa bertahan tiga bulan karena tanpa bahan pengawet,’’ ungkap pria yang setiap hari membuka usahanya dari jam 16.30-21.00 ini.

Selain lapak kaki lima milik Juned yang menjual kacang gris, juga dapat ditemui di pinggiran jalan depan jalan masuk kampung Bedagan yang masih dalam satu kawasan Jl Pemuda Semarang. Kualitas kacang gris yang diproses secara tradisional tak kalah dengan kacang buatan pabrik dan masih diminati sebagai oleh-oleh khas Semarang.

Incoming search terms:

  • masakan timur tengah di semarang
  • bioskop griss semarang

Leave a Reply

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin